Archive

Archive for the ‘Linux’ Category

Lenovo B640 Wireless Unavailable dengan Ubuntu 11.10 (Broadcom Disabled)

March 19, 2012 2 comments

Hari ini, malam-malam yang sangat ngantuk,

tetangga kostan saya yang bermarga setiyono, dan bernama rahmat alias ramhat setiyono meminta pertolongan karena ubuntunya gak nyala wirelessnya..

cukup merepotkan jika leptop gak bisa konek internet, dan wifi sangat vital sekali kegunaanya,

maka setelah diutak atik, ternyata masalah tersebut dapat diatasi dengan cara, buka terminal anda dan ketikkan:

sudo rmmod -f acer-wmi
sudo rfkill unblock all
rfkill list all

Nah lalu setelah itu ketikkan pada terminal kesayangan anda: Read more…

Advertisements

Install Grub Yang Hilang Ubuntu 9.10

March 24, 2011 7 comments

Malam ini,,

gak bisa ikut acara wisudawan/i gara2 ujannnnnnnn,,,,,

akhirnya bantuin temen kost yg depresi gara2 grubnya eror,,,

gak bisa masuk windows dan linux, padahal banyak data2 penting,,

so begini cara instal ulang grub ubuntu yg hilang..

Masukin CD instaler ubuntu, saran yang lebih tinggi versinya, atau minimal setara..

karena misal gini, linux yg skrg di instal di lepi versi 9.10 dengan filesystem  ext4, sedang kita pake live cd ubuntu 8.04..

yang notabenya belum support filesystem ext4, jadi gak akan bisa ngemount tuh..

Masuk doloo sebagai root dengan perintah sudo su

  1. Ketikin fdisk -l
    Perintah ini berfungsi untuk melihat partisi yang ada..
    Cari yang bertuliskan Linux Read more…
Categories: Linux, Tutorial Tags: , , ,

Install Apache2, PHP5, MySQL di Ubuntu

January 29, 2010 Leave a comment

Sung gini langkah-langkah install web Apache, PHP dan server database MySQL langkah-langkahnya sebagai berikut:

Instalasi web server Apache
# apt-get install apache2

Instalasi database server MySQL
# apt-get install mysql-server

Instalasi php untuk web server Apache
# apt-get install php5

Instalasi MySQL untuk Apache
# apt-get install libapache-mod-acct-mysql
# apt-get install php5-mysql Read more…

Categories: Linux Tags:

Gparted “Partition For Linux and Unix”

April 11, 2009 2 comments

if you confuse and don’t understand how to create, merge, resize, move partition in your linux or unix..

so you can use gparted…

this is powerfull software, user friendly user..this is just like partition magic in the windows….so partition magic for linux or unix is Gparted..

Read more…

Categories: Linux

automunt partition in linux


oke …lets to the point…

edit your /etc/fstab/

and then edit like this..

for fat32 partition add this

/dev/hda5 /mnt/chiko vfat defaults,user,style="color:#008000;">umask=0 0 0

for ntfs partition add this

/dev/hda1 /mnt/data-ntfs-ku  ntfs-3g  rw,umask=0  0  0,,-->ntfs-3g must be installed

another article maybe can help

To mount your windows partition at startup add an entry to your /etc/fstab file. Edit this with user root.

Read more…

Categories: Linux

How to install backtrack 3 dual boot with Hackintosh

April 11, 2009 3 comments

dual-hackintosh-backtrack

Oke guys.. maybe this article is out of date..

i think many people has wrote article like this..

But it’s ok to write this article ,,maybe this is usefull for newbie like me…

this is my first experience write article in english, so lets begin..

first i have 320Gb in computer’s lab

i already have install hackintosh in computer..

so follow this steps carefully:

make partition for linux ex3 also linux swap..

bt ~ # umount /dev/hda1
bt ~ # umount /dev/hda2
bt ~ # umount /dev/hda3 –this is linux ex3

make directory in directory mnt, in this step  directory was created bt3_chiko :
bt ~ # mkdir /mnt/bt3_chiko

Mount hda4 in directory bt3_chiko :
bt ~ # mount /dev/hda3 /mnt/bt3_chiko

Read more…

Categories: Linux Tags:

perintah2 sederhana namun penting nih.buat newbie ubuntu///

December 10, 2008 8 comments

apt-get update : itu gunanya buat mengupdate koleksi repository yang ada di link sources list kita.///kita?????

apt-get install : itu yah buat install packet yang ada di repository.///

trus..///

apt-get –purge remove kadang autoremove : ituh buat remove packets.// yang udah terinstal.//

hehehe.///

trus.///em,,..

itukan kalo reponya di jaringan.///kalo reponya di cd/dvd gimana????

gini boz.///

apt-get cdrom add./////

oyah.///kalo reponya di kambing misalnya jangan lupa diatur dulu proxynya.////kalo di sapi ato jerapah juga sama./////hehehe…just kiddingz

ni atur dulu proxynya..///

export http_proxy=http://172.16.1.1:8080 ///itu kalo di it telkom yang internetnya bikin ezmosi ini yak.////hhehehe..///

jangan lupa source.list tuh di isi yang bener loh ya./etc/apt/sources.list////awas  kalo gak.////heheheh//

enak bgt pake ubuntu.//cuman maen apt-get ajah./////

/ubuntu/linux for human beingszzzz.//////

tanya2.///???silakan?di coment

Categories: Linux Tags: