Home > Solaris > Belajar Mengoperasikan Solaris 10 / Solaris basic Command

Belajar Mengoperasikan Solaris 10 / Solaris basic Command


Ni buat temen2 ajah deh yg newbie dalam solaris..ada beberapa perintah-perintah sederhana,, ya mudah2an bisa bantu:

Untuk Melihat Informasi Prosessor

  • psrinfo –> /usr/sbin/psrinfo
  • psrinfo -v –> ini untuk liat virtual prosessor
  • prtdiag –> /usr/sbin/prtdiag
  • prtconf –> /usr/sbin/prtconf

Untuk Melihat Kapasitas Memory

  • prtconf | grep Memory

Untuk melihat informasi hardware, system, modul yang di load

  • Sysdef –> /usr/sbin/sysdef

Untuk mengkopi file dari mesin ke mesin menggunakan scp

  • fizz-macbook# scp nama_file root@10.14.200.200:/mnt –> artinya akan mengkopi file dari leptop ke 10.14.200.200 ke direktori /mnt/ pastikan folder bisa direwrite
Categories: Solaris Tags:
  1. January 4, 2011 at 6:03 am

    mas saya termasuk newbiee nih di solaris sekarang saya banyak google di internet dan saya juga ikut kursusu Solaris tapi masih dasar saaja, dan comment ini tidak saya dapat di basic nanti saya coba di mesin VMware

    salam kenal
    Alriance

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

