Archive

Archive for September, 2008

Pulang Mudik

September 26, 2008 Leave a comment

Aku pulang mudik dulu yak…

jadi istirahat dulu ngeblognya…

lebaran euy….

mohon maaf lahir batin ya buat semuanya…

Categories: Umum Tags:

honeypot…! apaan tuh…

September 25, 2008 1 comment

mungkin ada yang udah familiar dengan istilah ini….

ato mungkin belum sama sekali…

wah..gara2 tugas mata kuliah kemanan jaringan mau gak mau aq harus cari tau apa sih honeypot itu…

ni ada sekilas gambarannya…

honeypot adalah suatu cara untuk menjebak atau menangkal usaha-usaha penggunaan tak terotorisasi, dalam sebuah sistem informasi. Honeypot merupakan pengalih perhatian hacker, agar ia seolah-olah berhasil menjebol dan mengambil data dari sebuah jaringan, padahal sesungguhnya data tersebut tidak penting dan lokasi tersebut sudah terisolir. Si hacker tidak bisa kemana-mana. ato honeypod juga bisa dibilang Sebuah/beberapa ‘komputer’ yang digunakan untuk mengamankan network dari serangan para hacker. Dengan cara menempatkannya seolah sebagai komputer yang memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah, tanpa firewall atau perlindungan ID.

Hal-hal apa saja yang terdapat didalam honeypot:
*Network Devices Hardware – Untuk mendirikan Honeyhpot berarti kita juga membutuhkan perangkat jaringan komputer.
* Monitoring or Logging – Honeypot yang kita dirikan dapat memonitor secara langsung aktifitas  penyusup.
*Alerting Mechanism – Honeypot dapat memberikan layanan messenger untuk administrator apabila terdapat serangan-serangan.

*Keystroke Logger – Honeypot dapat memberikan informasi tentang apa saja yang dilakukan oleh penyusup termasuk ketikan dari papan keybord penyusup
* Packet Analyzer – Honeypot dapat memberikan informasi tentang packet data yang diberikan oleh penyusup ke sistem Honeypot server.
* Forensic Tools – Honeypot dapat memberikan informasi tentang sistem forensik yang digunakan penyusup terhadap sistem.

Instalasi program ini dapat dilakukan dalam beberapa cara. Honeypot dapat ditempatkan secara langsung, menghadapkan honeypot dengan internet tanpa adanya firewall. Penempatan tidak langsung, di mana Honeypot ditempatkan di antara firewall dan koneksi internet. Honeypot bisa juga ditempatkan pada DMZ (Demillitary Zone).

wah ..jadi kesinggung DMZ ….

tuh dulu pernah aq cari2 info tentang sosok DMZ ini….tapi jangan dibahas kali ini deh…

sekarang kembali ke honeypot dulu…

Kuberikan engkau secangkir madu yang manis dan engkau teguk madu itu yang ternyata adalah racun. Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan teknik yang digunakan Honeypot untuk menjebak penyusup agar masuk kedalam perangkap. Honeypot merupakan sumber informasi yang memfokuskan pada pengumpulan informasi tentang aktivitas ilegal penyusup yang mencoba masuk ke dalam server dan mengeksplorasi otorisasi sistem computer/server.

Dengan informasi itu bisa diketahui tingkah laku si penyusup di antaranya mengetahui port yang diserang, perintah-perintah yang digunakan serta aktivitas lain yang bisa direkam. Keuntungan lainnya, administrator jaringan bisa memelajari kecenderungan dari aktivitas-aktivitas yang dapat merugikan tersebut lebih dini dan adanya ancaman-ancaman beserta teknik-teknik penyerangan baru yang digunakan penyusup.

Dengan demikian jika terdapat serangan atau usaha-usaha yang sama dari orang-orang yang tidak mempunyai otoritas untuk menyusup ke dalam server, administrator sudah mempunyai taktik untuk menangkalnya. Yang lebih penting lagi, server asli tetap dalam kondisi aman, karena honeypot membantu memberikan pertahanan yang lebih bagus disebabkan si penyusup tidak akan langsung melakukan penyerangan terhadap server sesungguhnya..

dah dulu yak….

Categories: Network Security Tags:

Protected: Scipt Mujarab buat hacker_iseng pengen liat poto privasi orang

September 15, 2008 Enter your password to view comments.

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Categories: Tips n Trick

installation number at red hat enterprise linux 5

September 11, 2008 2 comments

ni buat temen2 yang mu nyobain red hat versi interprise yang dipake di big company….

Client
0000000e0017fc01

Server
000000e90007fc00

Server with Cluster
00000065000bfc00

Server with ClusterStorage
000000ab000ffc00

Server with HPC
000000e30013fc00

Server with Directory
000000890017fc00

Server with SMB
00000052001bfc00

kebetulan aq dapet tugas keamanan jaringan buat ngoprek ni distro…

cobain aja salah satu….

Categories: Tips n Trick Tags:

andai ku bisa pergi

September 10, 2008 Leave a comment

banyakbgts masalah akir2 ni…

bener2 cobaan yang berat di bulan ramadhan ini…

kuliah banyak bgts tugasnya.

gila bgt….

ampek keteteran..

belum masalah2 yang lain….

praktikum juga bentrok…

ya ampun….

proposal pimnas juga masih belum…

Proyek Akhir juga belum…

dan hp yang 5 minggu di reparasi baru jadi…

ya ALLAH….

berat bgts euy…

belum di keluarga ternyata juga ada trouble…

huh….

Categories: Umum Tags:

waktu yang tepat tuk berpisah

September 10, 2008 Leave a comment

Dan bila kau harus pergi
Jauh dan takkan kembali
Ku akan merelakanmu bila kau bahagia
Selamanya di sana walaupun tanpaku

Ku akan mengerti cinta dengan semua yang terjadi
Pastikan saja langkahmu tetap berarti
Bisakah aku tanpamu
Sanggupkah aku tanpamu

Sehangat pelukan hujan saat kau lambaikan tangan
Tenang wajahmu berbisik
Inilah waktu yang tepat ‘tuk berpisah
Selembut belaian badai saat kau palingkan arah
Jejak langkahmu terbaca
Inilah waktu yang tepat ‘tuk berpisah

Ku akan pahami cinta
Dengan apa yang terjadi
Pastikan saja mimpimu tetap berarti

Aku tak pernah mengharap untuk kau kembali
Saat kau temukan duniamu
Aku tak pernah menunggu tuk kau kembali
Saat bahagia mahkotamu bila kedamaian selimutimu
Jangan kau kembali…

by sheila on 7

Categories: Chord Tags:

Install vpn di slackware 12 & ubuntu

September 6, 2008 4 comments

Ni buat temen2 yang mau install vi pi en di kampus kita yang makin mahal 😀 ….

ini step by stepnya..

donlot dulu yah instalernya vpn.tgz

Berikut langkah-langkahnya :

1. $ tar -xzvf vpn.tgz –> mengekstrak instaler vpn

2. $ cd vpn –> masuk kedirektori vpn

3. $./runme.sh –> untuk menginstal vpn

4. $ nano /etc/conf.d/ifcfg-pptp0

trus di isi VPN_HOST dengan gateway vpn kampuz dan VPN_USER dengan nim kite kayak di bAwah ini
VPN_HOST=”10.14.203.5″ sekarang gonta ganti,kdg pake yang 10.14.203.55
VPN_USER=”nim”

nah,,bis itu edit yak file chap-secretsnYak…

5. $ nano /etc/ppp/chap-secrets Read more…

Categories: Linux Tags: