Home > Tutorial > Fungsi Left & Right Pada Microsoft Excel

Fungsi Left & Right Pada Microsoft Excel


Tutorial pertama yang saya tulis dalam pembahasan microsoft excel, ^_^

Jadi begini ceritanya, suatu ketika saya dikantor ada problem ketika saya mengimport data dari SAP ke excel untuk dianalisa.

Nah permasalahanya adalah hasil export SAP ternyata tidak bisa diedit, diolah atau diapa-apain,

-_____-” padahal kan mau dianalisa itu datanya.

Jadi saya menggunakan fungsi Left Dan Right.

Jadi Fungsi Left dan Right dalam excel adalah untuk mengambil value dari suatu text tertentu,

misal contoh dalam satu cell berisikan Fizzy, sedangkan yang saya butuhkan adalah Fiz, maka biar mempercepat kerja kita, bisa kita gunakan fungsi =left(colomnya,jumlah digitnya), misal dari sample dengan colom A1, berarti =left(A1,3) maka jika kita klik akan bernilai Fiz, Begitu juga Fungsi Right juga sama..

Nah kebetulan yang saya alami adalah Format Waktu, jadi agar bisa dianalisa saya gunakan rumus =Left(C1,8)*1 , dan setelah itu data bisa diolah dan dianalisa.

Semoga Membantu ya… :)

Categories: Tutorial Tags: , , , ,
  1. January 26, 2012 at 12:11 am | #1

    bagus banget tutorialnya cuman saya kurang mengerti satu hal: SAP tu apa ya?

  2. December 13, 2012 at 9:54 am | #3

    SAP itu salah satu vendor aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP). Untuk pengelolaan sistem informasi manajemen di perusahaan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.